USM STIS 2013 – Tahap 1


Gak terasa udah beberapa bulan aku move on dari STIS. It means ane gak lolos gan :”. Perjalanan panjangku berakhir di tahap 2 STIS. #kenapa jadi curhat? -_-

Image

Okeh guys. Selamat datang pejuang STIS! Pertama nih: STIS menurut kamu kece gak? Kalo aku yang jawab si, ga kece-kece amat, tapi keren #apaBedanya? Itu yang kutangkap pertama di benakku. STIS itu simpel tapi kompleks #lah?. Belajar statistika, buat program yang berhubungan dengan pengolahan angka-angka, melakukan survey lapangan, pengolahan data dan seterusnya. Eh what? ada yang ga tau STIS ya? STIS itu Sekolah Tinggi Ilmu Statistik coy. Yaa kuliahnya berkutat dengan angka-angka gitu deh😀

Oke to the point!

USM STIS judulnya bro. STIS punya tiga jalur seleksi yaitu USM, Tugas Belajar (bagi yang udah kerja) dan PMDK di daerah-daerah tertinggal. Di USM STIS,  terbagi menjadi 3 (tiga) tahap seleksi, yaitu:

  1. Seleksi 1 – Matematika, Bahasa Inggris, Pengetahuan Umum
  2. Seleksi 2 – Tes Psikotest
  3. Seleksi 3 – Kesehatan dan Wawancara

Okey, di post kali ini aku hanya bahas Seleksi 1! Kenapa seleksi 2 dan 3 gak? Soalnya aku gak lolos masbro mbabro. Miserable, right? :’)


Tentang Buku… #bukanPromosi

Hmm, seleksi 1 STIS dilakukan serentak di seluruh provinsi di Indonesia. Aku melakukan tes tahap 1 ini di Jogja bersama puluhan #pejuangSTIS dari SMAku. Jauh hari sebelum tes, ada acara yang lebih penting lagi, yaitu… pendaftaran. Iyalah ngapain jauh-jauh ke jogja kalo di ruangan USM semua kursi udah terisi penuh, kan gak lucu tuh. Jauh-jauh hari, ada buku latihan USM STIS yang dicetak oleh KOPMA STIS, itu tuh yang promosi jejaring sosial di twitter, FB dan lain-lain. Nah buat yang niat banget ke STIS, reccomended banget pesen tuh buku. Harga? Gausah tanya deh. Toh kalau itu passion kamu, kamu ga bakal itung-itungan😀

Waktunya belajar lagi coy! Dan mendekati hari H, kami kebut materi yang ada di buku itu. 300 halaman untuk 2 minggu. Ngisi waktu liburan lah #sok. Oya, di buku USM STIS ini, udah ada paket soal dari tahun-tahun sebelumnya (5 tahun lalu) dan sekaligus pembahasan serta ada cara cepat yang diajarkan. Cukup praktis buat belajar, karena ga perlu ngubek-ngubek isi internet buat nyari soal per tahun.

D-1

Satu hari sebelum tes, usahakan cek tempat tes terlebih dahulu. Hitung estimasi waktu dari tempat kamu menginap/tinggal. Kalo bisa sampai masuk ke ruangnya, nyoba tempat duduk yang akan kamu tempati (biasanya H-2 udah terpasang nomor peserta di lokasi ujian). Kemudian rileks-kan pikiranmu, satukan pikiranmu dengan kursi itu #ngaco. Okey, H-1 cuma itu kegiatan kita. Sisanya kami hanya belajar sedikit dan refreshing😀

D-Day!

USM STIS tahap 1 dimulai pukul 07.30. Usahakan datang jam 7 kurang, dan itu udah termasuk pemanasan tangan, pengecekan alat tulis serta sarapan broh. Jadi kira-kira kita harus bangun sebelum subuh. Kalo bisa si sebelum subuh buat sholat malem dulu o:). Okey, di Jogja sendiri, tahap 1 di bagi di 2 tempat, aku dan temanku kebagian di Fakultas Psikologi UII. Lanjut, di setiap sudut ruang udah siap orang-orang yang menujukkan ruangan-ruangan tempat tes anda dilaksanakan.

Okey, aku masuk ruangan tes dan ternyata pengawas sudah membacakan tata tertib USM tahap 1 STIS. Next, aku siapkan jam tangan buat patokan waktu, papan LJK, karet penghapus dan… Pensil mekanik faber castell 2B. Kenapa pensil mekanik? Menurut om jero–pakar pendidikan negeri kaskus: Pensil mekanik akan mempercepat kita dalam menjawab soal-soal yang berjumlah banyak, karena menghemat waktu peneyrutan pensil seperti yang dilakukan pensil kayu. Nah, itu alasan aku pertama kalinya menggunakan pensil 2B mekanik. Dan waktupun berjalan…

Karakteristik soal USM tahap 1 STIS

  • Matematika

Soal : 60 butir

Waktu pengerjaan : 90 menit

Kesulitan : Satu tingkat diatas UN

  • Bahasa Inggris

Soal : 60 butir

Waktu pengerjaan : 60 menit

Kesulitan : Unknown. Hanya beberapa yang diajarkan di SMA. Sisanya totally grammar dan vocabulary.

  • Pengetahuan Umum

Soal : 60 butir

Waktu pengerjaan : 60 menit

Kesulitan: Setara US. Materi PU: PKn SMA dan IPS SMA kelas X

TRICK

Oke sekarang main trick bro. Trick halal tentunya. Emm istilahnya strategi🙂

Strategi dari aku buat USM STIS Tahap 1:

  • Beli buku USM STIS. Kalo ngga bisa ya copy temen. Reccomend punya si yang ngebet banget mau masuk STIS, soalnya nih ya… satu ruangan pas USM kemarin, kebanyakanpara tester memegang buku tersebut. Nah, itu aja ada yang gak lolos. Jadi, kalo gak bisa beli buknya, fotocopy, atau minimal cari di internet deh, bisa gak disangka promosi😀
  • Pertanyaan USM dari tahun ke tahun selalu sejenis kalo ga mau di bilang mirip. Yaa, maka dari itu, aku saranin beli buku USM STIS, kalo ga fotocopy, kalo ga cari di internet🙂
  • Buat jadwal! Buat jadwal kamu, hitung berapa hari lagi kamu ngelakuin USM tahap 1 itu. Dan usahain H-2 Semua udah clear. Tinggal persiapan teknis dan mental. In reality, buku itu gak kelar sih aku baca dan kerjakan -_-
  • Belajar kontinyu. Ga perlu muluk muluk buat ngisi liburan pasca UN kamu. Isi aja 2 atau 3 jam itu buat latihan soal USM STIS. Tapi maksimalin di waktu belajar itu, konsentrasi, fokus.
  • Timer! Yap, waktuin tuh  latihan kamu. Dan usahain cepetin 15%-30% dari waktu sebenarnya, karena? Yap, kita besok ngisi LJK, bukan ngisi bahan bakar #gakLucu
  • Evaluasi, beri nilai. Evaluasi setiap satu mapel telah tuntas kamu kerjakan. Beri nilai latihan kamu, catet waktunya, cari apa aja yang salah, evaluasi, kemudian jangan ulangi lagi jawaban itu.
  • PENTING! Hilangkan beban saat mengerjakan. Saat ada di ruangan tes, stay calm. Jangan anggap tes ini sebagai beban. Ingat-ingat aja hasil UN atau SNMPTN yang bentar lagi keluar, pasti bagus hasilnya dong? Gitu aja. Intinya kita memanipulasi otak kita untuk tidak menjadikan sangat penting tes ini, tapi hanya penting aja. Dan akhirnya ketidakpentingan USM ini membuat tubuh kita terasa rileks dan dapat berpikir jernih tanpa tekanan. Bukan begitu? Haha
  • The secret of focus. Rahasia nih ya, wkkwk. Karena waktu itu USM tahap 1 tinggal seminggu lagi, sementara aku baru ngerjain tahun 2008, 2009, 2010 dan sebagian 2011. Jadi aku putuskan untuk fokus ke bahasa inggris. Kenapa? karena: – bahasa inggris soalnya setiap tahun mirip, ada yang sama malah. – untuk mempelajari pengetahuan umum, materi terlalu melebar. – untuk mempelajari matematika, waktu terlalu sempit untuk yang ga ahli berhitung seperti aku. Jadi? aku fokus ke bahasa inggris. Catet nih sebelum dihapus!😀

Kayaknya segitu deh mentok-mentoknya yang aku sharing. And finally, selamat berjuang #pejuangSTIS dan seterusnya. Semoga kalian menjadi keluarga besar STIS yang sakinah, mawadah dan wa rahmah. Aamiin. Titip salam buat STIS, bilang ke dia #passionku ada di sini, di Semarang as an Engineer😀

14 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s