Bener Mau Bolos Kuliah? Liat Ini!


Saat menjadi mahasiswa, semua terserah kita. Mari kita telisik satu fenomena yang cukup populer di kalangan mahasiswa: Bolos kuliah. Secara kasat mata, bolos kuliah memang enak, namun ada hal-hal yang perlu kita pertimbangkan. Salah satunya materi. Berapa uang yang orang tua berikan untuk kita kuliah satu semester? 1 juta? 2 juta? 5 juta? Oke kita ambil rata-ratanya: 3 juta. Mari kita coba buat perhitungan!

Jika orang tua mengeluarkan biaya 3 juta per semester, dan dalam satu semester kita mempunyai 14 minggu efektif, sementara dalam satu minggu efektif tersebut kita ada 20 sks, maka 3juta/(14 minggu x 20 sks) = 10.714 rupiah per sks per minggu. Dan andaikata kita membolos satu mata kuliah berbobot 2 sks, maka? 20ribu rupiah! Sebuah angka yang fantastik. Bagaimana bisa kita rela kehilangan uang hanya untuk berleha-leha dan kegiatan yang gak menunjang masa depan kita?

Miris memang. Tapi kenyataan tersebut seolah tertutupi kabut tebal dan tak ada seorangpun yang mau masuk ke dalam kabut tersebut untuk menguak fakta itu. Merasa tersindir? Tenang, tak ada kata terlambat untuk memperbaiki itu semua! Jika kita terus-terusan berpikir kita sudah terlambat untuk memulai sesuatu, kita tak akan pernah mendapat hasil sobat.🙂

*kehadiran 75% jangan dianggap dengan males-malesan sob. 25% ketidakhadiran itu seharusnya kita isi dengan kegiatan yang menunjang masa depan kita. Misal: join lomba, ngerjain proyek dosen, ikut seminar yang bermanfaat, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s