Secangkir Harapan dari LKMM D FT UNDIP 2014


Setelah lebih kurang 4 bulan kami berjuang, dari mulai pendaftaran, mengumpulkan kelengkapan berkas, seleksi berkas, seleksi wawancara, preface 1, preface 2, technical meeting, dan tiga hari “D-Day” yang sangat melelahkan, akhirnya kami sampai di sini: di titik akhir rangkaian acara LKMM D FT UNDIP 2014. Awal, yeah ini baru perjalanan awal kita mengarungi lautan problema dan dilemma mulai dari Jurusan, Fakultas, Universitas, hingga Indonesia kita.

Sebuah perjalanan yang luar biasa, sebuah pencapaian yang luar biasa pula bagi aku pribadi. Rangkaian acara ini mengajariku banyak hal mulai dari diri sendiri hingga pengabdian untuk Indonesia. Dari sini aku belajar untuk berubah menjadi lebih baik adalah sebuah hal mutlak. Dari sini aku belajar hak dan kewajiban seorang yang lahir di tanah Indonesia dan seorang yang berkembang di lingkungan Perguruan Tinggi. Dan dari sini pulalah aku dituntut dan mengemban tanggungjawab yang lebih dari sebelumnya.

Flashback satu tahun lalu, aku masih berada di tingkat awal kuliah dan mengikuti pelatihan LKMM PD. Di situ aku sadar akan satu hal, bahwa mahasiswa bukanlah siswa lagi. Di posisi ini mahasiswa berarti memiliki jatidiri, manajemen serta pengaruh untuk Indonesia. Di LKMM PD JTE UNDIP 2013 tahun lalu aku sadar akan pentingnya manajemen berkehidupan, manajemen prioritas, manajemen waktu, dan sadar betul akan pentingnya berorganisasi untuk melatih softskill dan pengalaman.

asd

Tahun ini, aku duduk di tingkat yang lebih tinggi, LKMM D FT UNDIP 2014. Pun akumenyadari satu hal mendasar, bahwa bukan softskill, bukan pengalaman yang seharusnya didapat di organisasi. Bahwa organisasi bukanlah tempat kita untuk diberi, melainkan memberi. Bahwa kucuran dana negara yang tak sedikit untuk mahasiswa bukan untuk menjadikan mahasiswa menjadi individualistis. Bahwa negara memiliki tujuan khusus akan keluarnya angka 300an triliyun untuk pendidikan di Indonesia. Bahwa sudah sepatutnya mahasiswa belajar dari sejarah: 1908, 1928, 1945, 1966, 1998, mahasiswa era tersebut memiliki satu tujuan jelas yang notabene merupakan ucapan ‘terimakasih’ untuk pemerintah. Intinya, kita berorganisasi seharusnya mengacu pada visi besar kita untuk Indonesia, hal konkrit yang diajukan untuk membangun Indonesia lebih baik lagi. Dan dari visi tersebutlah turun ke organisasi dalam bentuk pengabdian program kerja yang sudah seharusnya mendukung visi misi tersebut.

Aku belajar lagi tentang peran mahasiswa: Agent of Change, Iron Stock dan Social Control. Menyadari bahwa mahasiswalah yang memulai semua perubahan besar bagi Indonesia. Bahwa hampir tidak ada kebijakan pemerintah yang pro rakyar yang di dapat tanpa aksi dari mahasiswa. Dan hal itu yang sewajarnya dilakukan sebagai balasan subsidi triliyunan dari rakyat. Aku belajar tentang pentingnya menangkap hal dari berbagai sudut pandang, tentang pentingnya merasakan life-cycle dengan turun langsung ke daerah tertinggal, hidup dan merasakan hal yang dirasakan rakyat marjinal di sana.

Aku pun belajar tentang idealisme disini. Kenapa pemuda diidentikkan dengan Idealisme? Karena pemuda memiliki semangat yang tak dimiliki kalangan lainnya. Karena pemuda masih netral, tidak memiliki kepentingan dan tanggungjawab kepada golongan. Dan wahai diriku, semoga idealisme ini akan tetap membara sampai tua nanti walau kepentingan dan tanggungjawab semakin banyak dan berat.

Saya akan selalu ingat kata-kata Mas Aulia, ketua panitia LKMM D FT UNDIP 2014 yang dikutip dari Anies Baswedan: Pemuda-pemuda jaman dulu memiliki semua syarat untuk pesimis dan tidak merdeka, namun mereka bisa. Sekarang, kita semua memiliki semua syarat untuk optimis, sudah sepatutnya kita bisa merdeka dan berjaya!

Pada akhirnya, saya pribadi hanya bisa mengucap terimakasih, terimakasih, dan terimakasih kepada seluruh panitia LKMM D FT 2014, teman-teman LKMM D FT 2014, dan seluruh subjek yang bisa mendukung saya hingga saya bisa melangkah sejauh ini. Terimakasih LKMM D FT UNDIP 2014. Sampai titik ini saya, Muhammad Alfin Assyidiq akan berusaha untuk mengamalkan apa yang saya dapat di sini, LKMM D FT UNDIP 2014 di lembaga untuk Almamater dan Indonesia. Bismillahirrahmanirrahiim.

Bzv0eseCIAA_VhO

One comment

Tinggalkan Balasan

