Tips Kuliahan ala Alfin! [+Evaluasi]


Perkenalkan, aku Muhammad Alfin, mahasiswa yang gak jelas eksistensinya di Undip. Walaupun gak jelas, tapi kali ini aku pingin share tips trik gak jelas kuliahan plus evaluasi tri-semesterku, biar jadi jelas [Ingat, (-a)x(-a) = a]. Aku bagi tulisan ini menjadi tujuh sesi. So happy reading!

  1. Adaptasi!

Adaptasi daerah dimana kamu tinggal. Siapkan mental dan tekad. Tata persepsi hidup kamu, kuliahan berbeda dengan SMA, SMP, Sdmu. Buka pikiran selebar-lebarnya, inilah jalan hidupmu selanjutnya. Jangan ragu untuk bertanya dan memulai pembicaraan. Semester awal bahkan bisa menjadi semester terindah kamu, karena adanya ‘pemakluman’ dari orang-orang yang bertemu denganmu.

Buat Komitmen. Buat Mimpi-Mimpi Baru!

Momen tepat untuk berubah. Setelah duabelas tahun tahun kamu lelah dengan pembelajaran hidup yang begitu-gitu aja, sekarang udah berbeda. Inilah momen berharga untuk membuat komitmen hidup kamu, mulai menuliskan visi, misi, dan mimpi-mimpi yang akan kamu capai selama kuliah atau bahkan seumur hidup.

  1. Tips Ngekost

Pilih tempat tinggal yang sesuai kepribadian kamu. Jarak ke kampus, jarak dengan fasilitas vital, ketersediaan air, karakteristik dan luas kamar, keadaan dan keamanan lingkungan, karakteristik orang-orang di sekitarmu, dan yang paling penting harga coy! Jadilah anak kos yang baik. Buat tabel budgeting, ingat kebutuhan, lupakan keinginan. Jaga kesehatan dengan makan, olahraga serta istirahat teratur. Asah dan gunakan time management skillmu untuk membagi kehidupan ngekost, kuliah, dan non-akademikmu.

  1. Tips Kuliah

Buat kuliah kamu seefektif dan seefisien mungkin. Jangan lupa berdo’a sebelum kuliah, luruskan niat, dan bawa tujuan hidupmu ke ruang kuliah. Waktu pembelajaran kamu akan jauh lebih sedikit dari sebelumnya, karena itu manfaatkan jam kuliah untuk memanen ilmu. Terakhir, buat evaluasi per semester; di sisi mana kamu lemah dan bagaimana cara mengatasinya. Ingat, masalah pasti sepaket dengan solusi, yang kita butuhkan hanyalah usaha untuk mencarinya, just it. 

IPK

Walau IPK gak masuk 10 besar penilaian perusahaan-perusahaan, tapi mau gak mau inilah salah satu dari tiga kewajiban kita di Perguruan Tinggi. Pun, karena ini satu dari tiga, jadi jangan ngotot untuk ngurusin IPK terus selama kuliah. Yaa tapi tetep IPK adalah pertanggungjawaban kamu pula kepada orang tua kamu. Hahaha. Tips meningkatkan IPK ala mister alfin, cekidot!

  1. Ingat selalu kewajiban, komitmen, dan tujuan Ingat perjuangan orang-orang yang membawa kamu sampai sekarang, ingat orang-orang yang menunggu kamu sukses di masa depan, lakukan ini sesering mungkin untuk motivasi belajarmu.
  2. Tanamkan True Sistem Kredit Semester Mindset di keseharianmu! How it works? Check this link: https://alfinesta.wordpress.com/2013/10/18/definisi-sks/. Intinya si, 1 SKS = 50 menit belajar tatap muka, 50 menit tugas terstruktur, dan 50 menit belajar mandiri. Jadi, 1 SKS = 2,5 jam/minggu
  3. Semua berawal dari cinta. Cintai universitas, fakultas, dan jurusan kamu. Cintai mata kuliah yang kamu ambil. Pun cintai dosen yang membimbing kamu. Semua akan terasa indah dan mudah saat kamu jatuh cinta dengannya.
  4. Rajin dan fokus saat kuliah Kuliah satu minggu, kalo dipadatin mungkin hanya tiga hari sob. Hargai waktu-waktu kuliahmu.
  5. Penuhi semua PR, tugas dan laporan sebelum deadline. Beri kesan terbaikmu di lembar tugasmu, karena dosen taunya kamu nagkep nggak materi kuliah yaa dari tugas ini.
  6. Texbook and PPT is important! Baca dan pahami kedua ini, jangan lupa pula catet kontrak kuliah, textbook apa yang di pakai dan prosentase penilaian.
  7. Doa, Restu, Evaluasi serta Bersyukur. Tahapan paling awal dan akhir dari ikhtiar adalah berdo’a. Dan jangan lupa minta restu ke orang tua, beri kabar tentang apa saja yang telah kamu lakukan dan apa yang akan kamu lakukan. Dan apapun hasilnya, inilah perjuanganmu. Evaluasi dan syukuri apa yang telah kamu capai.
  1. Tips Ujian

Ujian memberi kamu kesempatan untuk menjawab; kalo kamu gak tau tentang apa yang diujikan, jangan sampai kosongin jawaban! Jawablah apa yang kamu ketahui. TAPI, korelasi adalah kemutlakan. Buat jawaban agar tetap terkonsep dengan sedikit infographic.

  1. Tips Non-akademik

Ingat selalu Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat. Orientasikan kegiatan non-akademikmu untuk kewajibanmu sebagai mahasiswa Perguruan Tinggi. Bentuknya pun beragam: ikut organisasi Jurusan, Fakultas, Universitas, atau juga buat komunitas. Yang penting, jangan lupa kewajiban dan komitmen serta tujuanmu!

Di kegiatan non-akademik ini pula kamu dituntut untuk mengembangkan diri kamu sendiri. Yea, setelah semua kewajibanmu terpenuhi sesuai kapasitasmu, saatnya untuk improve your life. Bentuknya macem-macem. Tapi yang umum; berwirausaha, belajar bahasa asing, join UKM, ikut lomba dll.

  1. Tips Liburan

Buat liburanmu benar-benar liburan. Eits, tapi jangan kebablasan. Buat perencanaan liburanmu dengan bijak. Kalo aku begini: 50% liburan, 10% mengabdi di lingkungan, 30% persiapan kehidupan semester selanjutnya.

  1. Evaluasi

Evaluasi semester tigaku!

  • Berdo’a!
  • Cari textbook atau ebook yang digunakan dosen di awal semester
  • Buat jadwal teratur untuk belajar, pahami small wins, pahami prinsip 1 SKS
  • Buat summary perkuliahan mulai dari awal pertemuan
  • Fokus dan efektifkan perkuliahan
  • Catet soal tugas, quiz, atau tentamen
  • Mendekati UTS dan UAS, fokus belajar!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s