Bagaimana Regenerasi SDM Masjid Kampungmu?


Jum’at ini saya kembali pulang setelah dua bulan betah di tanah rantau. Sebenarnya bukan begitu saja pulang. Ada beberapa misi yang aku emban dalam kepulanganku ini. Matahari siang mulai memuncak, diri ini masih cukup lelah memulai siang ini. Samar-samar kumandang adzan terdengar, bergegas aku bangun lantas menuju masjid.

Sepanjang perjalananku dari rumah – masjid – rumah aku terbayang tentang nasib masjid-masjid serta mushala-mushala yang ada di perumahanku ini. Pikiranku terfokus pada regenerasi Sumber Daya Manusia yang mampu menautkan hatinya ke masjid-masjid dan mushala-mushala ini. Cukup khawatir jika aku bicara tentang regenerasi SDM masjid di sini. Betapa tidak? Jika aku prosentasekan, bapak-bapak lebih mendominasi daripada pemuda, dan pemuda bisa saya jamin kurang dari 10% jamaahnya.

Pikiranku melayang sepuluh tahun mendatang, apakah bapak-bapak ini masih kuat untuk menjadi khotib atau imam sholat? Sejenak pikiran ini mengarah ke diriku, manusia muda. Hati ini bertanya, jika memang kami–pemuda–merupakan penerus bapak-bapak yang sudah cukup lelah menjadi pengurus masjid ini, sudahkah kami pantas? Sudah layakkah kami?

Bahkan sebagian dari kami hanya singgah disini. Yap, aku contohnya. Hati ini cukup sedih membayangkan kekosongan regenerasi yang ada disini. Padahal disinilah surga kemungkinan besar didapatkan. Namun pemuda lebih asyik meneruskan regenerasi keduniawian. Yah, salah satunya adalah aku lagi. Na’udzubillah.

Ya Allah maafkanlah kami yang telah lalai akan perintah utamaMu. Ya Allah berikanlah kami rahmat dan hidayahmu agar kami bisa meniti jalan lurusmu. Ya Allah jadikanlah hidup kami bermanfaat dan mati kami dalam keadaan syahid. Aamiin ya Allah.

Tinggalkan Balasan

