Resensi: Buku Karena Selama Hidup Kita Belajar!


Dari buku ini saya menyadari beberapa hal kecil yang sering saya abaikan. Buku ini lebih terfokus kepada gerakan mahasiswa melalui organisasi mahasiswa lengkap dengan dinamikanya. Organisasi mahasiswa sekarang seharusnya bukan lagi hanya menjadi tempat buang waktu, untuk mengisi CV atau cari pengalaman semata. Jauh dari itu, organisasi adalah tempat kita belajar menjadi lebih baik. Tempat meningkatkan kapasitas dan cakupan hidup kita dari lingkup ‘diri’ menjadi lebih luas lagi. Organisasi mahasiswa seharusnya menjadi pusat pergerakan mahasiswa untuk menjadi lebih baik. Menjalankan tugas tridharma perguruan tinggi: Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan baik. Melayani mahasiswa dan masyarakat sesuai dengan passion mereka masing-masing. Melakukan gerakan-gerakan dengan ide besar dan inovasi baru serta tepat sasaran. Menjadikan anggota-anggota organisasinya berpassion organisasi sehingga bisa terus memajukan suatu lingkungan karena adanya organisasinya tersebut.

IMG_20150425_125348

Karena selama hidup, kita belajar! Setiap detik, menit, jam, hari, hingga dimensi waktu tertinggi kita hanya bisa belajar untuk menjadi lebih baik.

Menjalani hidup biasa-biasa saja bukanlah hal sulit. Bangun untuk diri sendiri, beraktivitas untuk diri sendiri, dan mengakhiri malam untuk diri sendiri. Terpampang lebar jalan tersebut di depan jalan kita. Namun apakah dunia membutuhkan orang-orang seperti itu? Bagaimana pertanggungjawaban kita sebagai mahluk terbaik dan pengemban amanah untuk menjaga bumi dari Allah? Bagaimana jika orang-orang tersebut memenuhi sebuah bangsa?

Biaya kuliah itu sebenarnya mahal, kita hanya bayar beberapa persennya saja. Sisanya rakyatlah yang mensubsidi. Seharusnya jika tak ada subsidi, kita bisa menghabiskan berkali lipat uang kuliah sekarang. Tapi kadang kita lupa kepada siapa saja kita seharusnya mengabdi. Kacang lupa kulitnya.

Jika banyak orang tidak mau mengambil amanah, tidak mau berlelah-lelah dan berkotor-kotor berjuang, apa jadinya jika amanah digunakan sewenang-wenang oleh orang jahat? Tugas manusia di dunia salah satunya adalah mengemban amanah. Menjadi khalifah. Manusialah yang ditugaskan mempimpin alam saat gunung, laut bahkan langitpun tak mampu mengemban.

Amanah itu menuntun dan menuntut. Kita dituntun untuk mendekat pada Yang Maha Kuasa, belajar dengan baik dan lain-lain. Kita juga dituntut untuk lebih baik bersikap, lebih banyak kerja dan memperbaiki diri.

Salah satu masalah besar di negeri ini adalah menuntut ilmu dengan salah kaprah dan salah orientasi yang pada akhirnya menomorduakan pemahaman dan menomorsatukan uang. Lihatlah kaisar jepang sesaat setelah dihancurkan oleh Amerika, bukan berapa uang yang masih tersisa tapi berapa guru yang masih tersisa!

Jika kita telah memberanikan diri dan mendapat kesempatan untuk mengurusi orang lain, sudah seharusnya kita tidak lagi sibuk dengan urusan diri kita sendiri. My loyality to my party ends where my loyality to my country begins. – Manuel L. Quezon.

Gerakan mahasiswa itu segala upaya yang dilakukan mahasiswa untuk mengubah dirinya dna sekitarnya menjadi sesuatu yang lebih baik. Maslaah gerakan mahasiswa hari ini seharusnya bukan lagi tentang ngambek, tersinggung, atau hilang-hilangan. Tapi yang perlu dipikirkan adalah bagaimana menantang pemikiran dengan gagasan-gagasan maju dan besar.

Jika bukan kita, siapalagi yang akan mengisi posisi orang baik di masa depan? Siapa lagi yang akan membawa bangsa ini menjadi negara yang lebih kuat dan lebih baik? Siapa lagi yang mau berkorban banyak untuk negeri ini? Siapa lagi yang mau habis-habisan tanpa mengharap balas jasa? Siapa lagi yang lebih mencintai negeri ini lebih daripada mencintai dirinya sendiri? Siapa lagi yang bisa berbangga karena harus mengorbankan dirinya untuk kepentingan bangsa? Anak muda negeri ini harus menjadi idealis. Idealis yang benar-benar ia perjuangkan dan hidup di dalam optimisme. Jika bukan mereka, kepada siapa lagi bangsa ini harus berharap? Ya, mahasiswa hari inilah yang harus menyiapkan dirinya dengan terus belajar untuk membawa bangsa ini menjadi lebih besar. Semoga kita adalah salah satunya. Dan semoga itu kamu, yang sedang membaca tulisan ini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s