Travelisme: Paket Cilacap (Benteng Pendem, Pantai Sodong, Gunung Selok)

Liburan semester 4 kali ini aku berkesempatan untuk menjelajah pantai selatan. Berawal dari kegundahan dan kesuwungan di rumah, pagi-pagi aku ngeline ke anak-anak. Terkumpul lima anak yang siap pagi itu juga. Berbekal google maps dan uang secukupnya, kami gas dari purbalingga pukul 09.00.

Sepanjang perjalanan kami disuguhi pemandangan dari yang biasa aja, perkotaan, aliran sungai hingga akhirnya tanah berpasir. Destinasi pertama kami adalah benteng pendem.

Benteng pendem merupakan benteng pertahanan milik belanda yang didirikan di pinggir pantai, mengantisipasi musuh yang menyerang lewat laut. Dengan konstruksi dari batu bata secara keseluruhan, benteng ini aku akui sangat luar biasa rancang bangun dan arsitekturnya.

P_20150722_114701_PN 1437613620923

Pukul 12.00 Kami lanjutkan perjalanan ke Adipala. merupakan barisan pantai-pantai yang ada di Cilacap. Cukup kelelahan, di perjalanan kami mampir dulu gan, makan dulu. Kami sampai di Pantai sodong sekitar pukul 15.00. bergegas kami menelusuri keindahan pantai ini. Pantai dengan struktur pasir putih dengan satu bukit yang menjulang tinggi disamping kanannya, sebut saja Gunung Selok.

Jpeg

Setelah puas menelusuri pantai, kami putuskan untuk mendaki Gunung Selok. Butuh waktu setengah jam untuk mencapai puncaknya. Puncak gunung ini tidaklah secret, karena telah ada bangunan seperti masjid, rumah makan dan lain sebagainya. Bahkan kita bisa menggunakan motor hingga puncaknya. Yap, perjalanan 12 jam yang luar biasa. Kami pulang pukul 18.00 dan makan malam romantis dulu di Purwokerto. Sekejap kemudian kami terbaring di kasur kami masing-masing. Cape coy! tapi seneng. Hehe.