Sederhana.


Banyak mahasiswa yang sibuk setengah mati di hari-harinya dengan kesibukan organisasi. Namun, sudahkah ia memiliki visi hidup? Organisasi kadang hanya berakhir di CV, bukan sebagai tempat mendapat momen dan bermakna untuk sekitar.

Dua tahun berorganisasi dalam kampus, ada rasa bersalah dalam diri. Menyesali saat idealitas tergerus waktu. Begitu banyak ide yang masih mengawang dalam otak yang belum terealisasi. Di akhir pengurusan, pikiran ini melambung jauh ke awal, menyisakan beribu pertanyaan. Apa dampak yang akan dihasilkan setelah ini? Apa makna berjuang kita selama ini?

Terakhir, aku mengakui passionku di bidang manajemen dan keorganisasian menurun, tetapi setelah kupikir-pikir, egois benar mahasiswa ini hanya memikirkan dirinya–IPK cumlaude, lulus 4 tahun, dapat kerja. Namun pikiran ini menolak karena Indonesia lebih luas dan kompleks dari sekadar kehidupan kampus.

Sungguh diri ini masih menunggu bentuk nyata organisasi yang berdampak pada Indonesia, bermanfaat bagi rakyat. Jika hanya sekadar dari mahasiswa untuk mahasiswa, lantas apa istimewanya? Dengan dalih bertahap, tak seharusnya masyarakat dikesampingkan.

Karena kebaikan dan pengabdian tak melulu harus dengan organisasi. Kita terpaku dengan keeksklusifan organisasi sehingga kita lupa menghargai kebaikan kecil kita kepada orang lain. Pikiran ini terus mengolah satu rumusan untuk mengabdi melalui jalan baru, cara yang lebih simpel untuk berkontribusi tanpa harus meninggikan golongan.    A new way to dedicate.

Next step, aku ingin hidup yang sederhana. Setelah semua hiruk pikuk dunia membuatku benar bosan. Memulai pagi dengan senyuman, menikmati secangkir susu bersama kabut pagi depan kontrakan, mendengar bunyian burung yang tak lelah bersua. Saatnya membuat jalan baru, sesederhana itu. Mencari lingkungan lain yang lebih memuat intisari tiga kewajiban perguruan tinggi. berbuat mendekat kebawah, bukan justru mengajak ke atas. Maka, langkah ini tetap melangkah dengan lebih sederhana dari sebelumnya, keluar dari lajur organisasi kampus, membuat jalan baru yang tak pernah ada sebelumnya. Semangat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s