Pilih Kasih Penyakit


Ketahuilah, bahwa dalam tubuh terdapat mudghah (segumpal daging), jika ia baik, maka baik pula seluruh tubuhnya. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh tubuhnya. Ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati. (HR. Bukhari dan Muslim)

Teman, apakah kita termasuk yang terjerumus dalam perkara ini? Pilih kasih penyakir. Ketika ada orang yang memiliki penyakit kanker, tumor, stroke kita kadang bilang itu penyakit yang parah. Padahal ada yang lebih parah dari itu, dan banyak dari kita yang menganggapnya biasa: Penyakit hati.

Kita kadang timpang menyikapi penyakit ini. Padahal efek dari penyakit rohani lebih dahsyat:

  1. Korban dampak penyakit rohani lebih banyak
  2. Akibat dari penyakit rohani hingga akhirat; sementara penyakit fisik/jasmani hanya di dunia saja (jika bersabar)

Orang yang terjangkit penyakit rohani, tak akan mendapat ketenangan hati dan ketentraman jiwa. Sebenarnya batin merekamerintih, jiwanya merana.

Lalu apa saja penyakit itu?

  1. Sombong
    Sombong merupakan satu alasan mengama iblis kekal di neraka:
    Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kalian kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur (sombong) dan ia termasuk golongan orang-orang yang kafir“ (QS. Al Baqarah:34)
    Akibat dari penyakit ini tidak tanggung-tanggung.
    Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.” Ada seseorang yang bertanya, “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain. (HR. Muslim no. 91)
  2. Riya
    Hal yang paling di khawatirkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan Amalan-amalan yang dilakukannya tertolak:
    Dari Mahmud bin Labid bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“Sesungguhnya yang paling aku khawatirkan dari kalian adalah syirik kecil.” Mereka bertanya: Apa itu syirik kecil wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Riya`, Allah ‘azza wajalla berfirman kepada mereka pada hari kiamat saat orang-orang diberi balasan atas amal-amal mereka: Temuilah orang-orang yang dulu kau perlihat-lihatkan di dunia lalu lihatlah apakah kalian menemukan balasan disisi mereka?” (Hadits Shahih. Musnad Ahmad (23630 dan 23636))
  3. Hasad
    Dapat menghilangkan kebaikan:
    Jauhilah olehmu sifat hasad, karena sesungguhnya hasad itu dapat menghilankan segala kebaikan sebagaimana api yang membakar kayu yang kering.(HR. Abu Dawud)
  4. Suudzhon
    Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menyuruh untuk menjauhi prasangka
    “Jauhilah atas kalian perasangka, karena perasangka itu sedusta-dusta perkataan. Dan janganlah kalian saling mendahului dalam penawaran, janganlah saling hasad, janganlah saling membenci, janganlah saling mendahului, janganlah saling membelakangi, dan jadilah kalian hamba-hamba Alloh yang bersaudara.” (Mutafaqqun ‘alaih)
Salah Satu Doa Yang Sering Dibaca Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam:
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ وَ عَلَى طَاعَتِكَ
Artinya : Wahai yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu dan di atas ketaatan kepada-Mu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s